Selasa, 16 Maret 2010

TENTANG MANUSIA

- Seseorang berukuran normal melepaskan sekitar 600.000 partikel kulit setiap jamnya, yang bila dijumlahkan dalam setahunnya menjadi 700 gram. Pada usia 70 ia kehilangan 50kg kulit atau sekitar 2/3 berat tubuhnya

- Manusia kehilangan 45 helai rambut setiap hari, malah pada beberapa orang 60 helai. Tetapi, karena rata-rata kulit seseorang mengandung 125.000 rambut, maka kehilangan itu tak ada artinya. Sepanjang hidup orang bisa kehilangan 1.5 juta rambut, walaupun bakal tumbuh lagi.

- Sel darah merah yang masa hidupnya sekitar 4 bulan, selama hidupnya menempuh perjalanan sejauh 1.600 km.

- Otak manusia dengan 10 milyar sel syarafnya yang tersimpan lebih rapat dibanding jaringan lain dalam tubuh, punya kemampuan merekam lebih dari 86 juta bit informasi (sekitar 11 juta huruf) setiap harinya. Memori selama hidup diperkiakan bisa menampung 100 trilyun bit informasi (12.5 Trilyun huruf).

- Bila metabolisme otak dirubah menjadi energi, maka energi itu setara dengan bola lampu 20 watt yang bersinar.

- Tenggorokan adalah salah satu jalan yang paling sibuk di dalam tubuh. Melalui mulut, lalu turun ke tenggorokan, orang bisa menghabiskan 40 ton makanan selama hidup dan menghirup sekitar 500.000 meter kubik udara.

- Kalau agan-agan sekalian bersin dengan kuat, maka partikel yang terlontar memiliki kecepatan 165 km/h.

- Rangkaian syaraf otak kita yang baru sebagian dipetakan oleh ahli syaraf, 1.400 kali lebih kompleks dibanding jaringan telepon dunia dewasa ini.

- Setelah satu menit terjadi kegelapan, sensivitas mata terhadap cahaya meningkat 10 kali. Setelah 20 menit ia meningkat 600 kali dan ia mencapai batas sensivitasnya terhadap cahaya sekitar 25.000 kali dari sebelum ada kegelapan setelah 40 menit.

- Pada saat ini juga, di otak Juragan, di setiap detiknya berlangsung sekitar 100.000 reaksi kimia yang berlainan.

- Setiap inchi persegi tubuh manusia dihuni rata-rata 32 juta bakteri, hingga untuk seluruh tubuh total ada 100 milyar bakteri, atau puluhan kali jumlah penduduk seluruh dunia.

- Diperlukan tempo sekitar 1/500 detik bagi otak untuk mengenali benda setelah cahaya dari benda itu masuk. ke mata untuk pertama kalinya.

- Jantung setiap harinya menghabiskan energi yang besarnya cukup untuk mengangkat benda seberat hampir SATU TON ke ketinggian 13 meter. PAda umur 50, jantung seseorang telah melakukan kerja yaang setara dengan mengangkat benda seberat 18.000 Ton ke ketinggian 230 meter. Benda itu sendiri beberapa kali lebih berat dibanding muatan terberat yang pernah ditempatkan di orbit bumi.

Mata agan-agan sekalian ternyata sangat peka loh, karena pada suatu kondisi ideal, agan sekalian bisa mendeteksi dari sebuah pucak gunung di malam hari nyala sebatang korek api yang jaraknya 80 km.

- Pada saat agan berbaring, tubuh agan menuntut agar agan menghirup udara sekitar delapan quart (1 quart = 0.9463 liter) tiap menit. Kalau agan terbangun duduk (sit-up) diperlukan 16 quart, kalau agan memutuskan untuk berjalan, diperlukan24 quart, dan lari tubuh memerlukan 50 quart udara per menit.

Satu inchi persegi atau 6.25 persegi kulit, dua kali luas kuku ibu jari, mengandung 645 kelenjar keringat, 25 meter saraf dan lebih dari 1000 ujung saraf, 65 kantong rambut, 75 kelenjar penghasil minyak serta enam meter pembulu darah.

- seseorang dapat meninggal tanpa tidur lebih cepat dari meninggal karena kelaparan. Kematian akan terjadi setelah sekitar 10 hari tanpa tidur, sementara tanpa makan baru beberapa pekan.

- Impuls syaraf paling cepat dari syaraf ke syaraf di otak berkecepatan 400 km/h.

- Selama 10 menit agan kimpoi, agan dan pasangan bisa membangkitkan energi tak kurang dari 3000 watt, itu cukup menjalankan semua peralatan rumah tangga termasuk lampu, lemari es, stereo dan AC kamar selama 10 menit itu. jadi jgn khawatir dimatiin lampunya sama PLN, Kimpoi aja selama diperlukan.

-------------------------------------------------------------------------------

7 Isi Otak Perempuan

Jakarta, Selama ini mungkin beredar kabar bahwa sulit untuk menerka apa yang ada di dalam pikiran seorang perempuan. Karena itu tak ada salahnya untuk mengetahui 7 hal mengenai otak perempuan.

Seperti diketahui bahwa otak antara perempuan dan laki-laki memang berbeda, termasuk dalam hal bagian mana yang lebih aktif sehingga mempengaruhi pola pikirnya. Seperti dikutip dari LiveScience, Selasa (14/9/2010) ada 7 hal yang bisa diketahui mengenai otak perempuan, yaitu:

1. Perempuan menyukai risiko di usia matangnya

Saat laki-laki mulai menunjukkan adanya peningkatan ketertarikan terhadap suatu hubungan di usia yang matang, maka perempuan mulai menyukai sesuatu yang memiliki risiko terutama jika ia mulai merasa kesepian. Selain itu perempuan di usia ini memiliki keinginan kuat untuk berbuat lebih banyak untuk dirinya.

2. Perempuan melalui dua kali 'masa remaja'

Perempuan mengalami dua kali perubahan fisik dan fluktuasi hormon yang membawa perubahan dalam hal suasana hati dan ketidaknyamanan secara fisik. 'Masa remaja' yang kedua kalinya terjadi saat seseorang akan memasuki masa menopause (perimenopause) yang mulai terjadi saat usia 43 tahun dan mencapai puncaknya saat usia 47-48 tahun. Umumnya masa perimenopause berlangsung selama 2-9 tahun dengan kondisi berkeringat di malam hari serta terjadi perubahan mood.

3. Otak perempuan dipengaruhi oleh kehamilan

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Neurology tahun 2002 diketahui bahwa otak perempyan akan menyusut 4 persen lebih kecil selama kehamilan hingga melahirkan. Namun kondisi ini akan kembali normal setelah 6 bulan kelahiran.

4. Otak perempuan mudah untuk dimatikan

Bagi perempuan agar bisa mendapatkan suasana hati (mood) yang baik terutama agar dapat orgasme, maka daerah-daerah tertentu di otak harus dimatikan. Sementara untuk beberapa hal lainnya daerah otak ini bisa diaktifkan kembali.

5. Otak perempuan berusaha menghindari agresif

Anne Campbell dari University Durham menuturkan perempuan cenderung menghindari agresi fisik, karena memiliki pemikiran jangka panjang. Namun bukan berarti perempuan tidak memiliki sifat agresif, karena perempuan bisa agresif dalam cara yang berbeda dan cenderung lebih konfrontasi.

6. Otak perempuan bisa menjadi intuisi yang baik

Perempuan terkadang memiliki julukan sebagai pembaca pikiran atau cenayang, hal ini karena intuisi perempuan cenderung lebih biologis. Selain itu perempuan juga lebih tepat mengidentifikasi suatu pesan yang tak terucap, tapi hanya melalui ekspresi wajah, postur tubuh dan juga intonasi nada.

7. Otak perempuan dipengaruhi oleh siklus menstruasinya

Perubahan hormon yang terjadi akibat siklus menstruasinya juga mempengaruhi otak dan tubuhnya, pemikiran, energi serta kepekaannya. Bagi kebanyakan perempuan, suasana hatinya akan mencapai titik terburuk saat 12-24 jam sebelum menstruasi.

===================================================================================

Delapan Tipe Orang Perlu Dijauhi

Hubungan yang sehat penting bagi kesehatan dan kesejahteraan jiwa. Namun, kerapkali kita terjebak dalam hubungan dengan sosok yang memiliki karakter 'negatif'. Mereka umumnya sering mengeluh, mudah marah, atau tidak sabar.

Mengenali karakter seseorang di awal perkenalan menjadi penting. Apalagi jika ada prospek melanjutkannya dalam hubungan yang lebih serius. Kenali sejumlah karakter seseorang, seperti dikutip dari Times of India.

1. Memelihara masa lalu

Beberapa orang menolak melepaskan masa lalu dan cenderung 'merawat' kenangan menyakitkan. Akibatnya, orang ini hidup dengan kemarahan dan kepahitan. Bila terjadi terus menerus, dapat mempengaruhi orang yang berada di sekitarnya.

Solusi: Jika mereka mulai memunculkan subjek masa lalu, jangan ragu memberitahu dia bahwa Anda tidak ingin membicarakannya.

2. Mengasihani diri sendiri

Tidak ada yang lebih menjengkelkan daripada orang yang merasa menanggung beban seluruh dunia. Alih-alih mencari solusi, orang tipe ini terus mengasihani diri sendiri dan tidak melihat jalan keluar.



Solusi: Tawarkan bantuan dan jika masih tidak mau berubah, sebaiknya menjauh darinya.

3. Munafik

Tidak ada yang lebih menjengkelkan daripada berhubungan dengan orang yang memiliki sifat 'lain di mulut lain di hati'. Di depan Anda, dia muncul orang yang paling manis, namun bersikap sebaliknya di belakang Anda.

Solusi: Jika Anda menangkap ini terjadi berulangkali kepada orang lain, segera jauhi. Bukan tidak mungkin dia melakukan hal serupa kepada Anda.

4. Selalu negatif

Dia adalah jenis orang yang selalu memandang hal negatif dari hidup mereka.

Solusi: Bantulah melihat sisi positif dari dirinya. Jika tidak mau menerima, jangan biarkan hal negatif itu mempengaruhi Anda.

5. Paling sempurna

Orang seperti ini biasanya merasa lebih baik dan menarik daripada orang lain. Ia sangat menikmati aktivitas mengkritik dan menertawai orang lain.

Solusi: Bersikap sabar dengan perilakunya. Namun, jika mereka tidak berubah, sudah saatnya Anda untuk meninggalkannya.

6. Bangga mengumbar rahasia

Mereka sangat bangga menceritakan skandal dalam hidup dan senang melibatkan sebanyak mungkin orang dalam perdebatan.

Solusi: Bisa saja Anda dapat mendengarkannya. Namun bila mempengaruhi diri sendiri, segera menjauh.

7. Frustasi

Orang ini selalu merasa frustrasi dengan hidupnya dan melampiaskannya pada orang lain di sekitarnya. Bahkan, seringkali mereka mengambil kesimpulan yang irasional.

Solusi: Jika ia mulai merencanakan sesuatu yang gila katakan bahwa hal itu mengganggu Anda.

8. Sang Komentator

Orang seperti ini mengomentari semua yang terjadi dalam kehidupan orang lain. Seringkali, perkataan mereka menimbulkan perkelahian.

Solusi: Berhati-hatilah bila berada di sekitar orang tersebut dan berhati-hati dengan perkataan Anda.

Tidak ada komentar: